MENGATASI “NETWORK ERROR” PADA APLIKASI BPJSTKU

Kursuskomputergratis.com – Aplikasi BPJSTKU merupakan terminal informasi jaminan sosial ketenagakerjaan yang ada di dalam dan luar negeri yang bisa diakses melalui smartphone. Performa aplikasi ini tidak perlu diragukan lagi, namun bagi pengguna aplikasi versi lama saat ini ada gangguan teknis yaitu ‘network error’ ketika aplikasi dijalankan, jangan khawatir karena penulis memiliki solusi untuk mengatasi “network error” tersebut.

Sampai Januari 2019, aplikasi BPJSTKU telah mengalami banyak perubahan menjadi lebih baik karena fiturnya lebih komplit dibanding versi sebelumnya. Untuk sobat pembaca kurkom yang mempelajari tutorial penggunaan aplikasi BPJSTKU dari tutorial kami mungkin saat ini akan menemukan beberapa ketidaksamaan tetapi jangan khawatir karena secara garis besarnya tutorial kurkom masih komprehensif.

Jangan kaget kalau aplikasi BPJSTKU di smartphone sobat tiba-tiba macet, hal tersebut bukan terjadi karena masalah spek di device tersebut di bawah standard yang dibutuhkan oleh aplikasi BPJSTKU atau aplikasi BPJSTKU telah dihapus dari Playstore itu sama sekali perkiraan yang salah, supaya memahami masalah tersebut dengan baik maka simaklah ulasan ini hingga tuntas.

Kenapa Bisa Terjadi “Network Error” dan Apa Solusinya ?

Selain karena masalah di paket data internet habis atau tidak ada jaringan internet, ada faktor lain yang mnyebabkan gangguan tidak terhubungnya front-end (aplikasi di smartphone) dengan back-end (database server) sehingga display aplikasi memberitahu kepada user interface bahwa “network error” dan aplikasi tidak bisa dijalankan.

Solusi untuk masalah ini adalah mengganti aplikasi versi lama menjadi versi terbaru. Untuk melakukannya silahkan uninstall saja aplikasi versi lama lalu kemudian download dan install aplikasi BPJSTKU seperti biasa di Playstore, sebelumnya pastikan penyimpan data di smartphone sobat tidak penuh.

Baca : Cara Download Dan Install Aplikasi BPJSTKU [Plus Video]

Setelah aplikasi versi baru terpasang tidak perlu registrasi ulang silahkan langsung saja login seperti biasa. Apabila tidak ada masalah lain maka seharusnya aplikasi sudah bisa dijalankan dan fitur-fitur baru pada aplikasi akan terbuka. Namun apabila masih bermasalah mungkin terkendala di jaringan internet dan peyimpan data di smartphone sobat telah penuh.

Apabila ada maslah di kapasitas penyimpan data maka harap hapus saja aplikasi atau file-file yang tidak terlalu penting atau sebaiknya segera pindahkan file tersebut ke external storage (flash disk, atau di cloud). Pastikan ada space sekitar 1 GB atau minimal 500 MB agar smartphone tidak error ketika dipasang aplikasi baru.

Terdapat beberapa tampilan baru pada aplikasi BPJSTKU versi sekarang, jadi perlu penyesuaian lagi namun pada dasarnya cara kerja aplikasi tidak jauh berbeda dengan versi lama yaitu menampilkan informasi saldo JHT, kartu digital, RSTC (Rumah Sakit Trauma Center), laporan kecelakaan kerja (fitur baru) dan simulasi JHT.

Kesimpulan

Mengatasi “Network Error” pada aplikasi BPJSTKU sangat mudah, tinggal uninstall aplikasi lama dan install aplikasi versi baru supaya bisa terhubung ke back-end (server data BPJS Ketenagakerjaan).

Selain belum meperbarui versi lama ke versi baru gangguan ini bisa muncul karena masalah gangguan jaringan internet sehingga perlu dipastikan tidak masalah di koneksi internet ketika menggunakan aplikasi tersebut.

56 pemikiran pada “MENGATASI “NETWORK ERROR” PADA APLIKASI BPJSTKU”

  1. Mengapa saat log in bpjstk ada keterangan ‘terjadi kesalahan koneksi ke server, silahkan ulangi beberapa saat lagi’? Padahal teman sy coba log in & berhasil masuk…

    Balas
    • reinstall aplikasi dan pastikan koneksi internet tidak sedang bermasalah, kalau status errornya koneksi ke server error maka ada kemungkinan sedang gangguan server atau gangguan koneksi internet silahkan coba lagi beberapa saat kemudian.

      Balas
  2. Daftar bpjstku, Penerima upah,nama di ktp, tanggal lahir sesuai ktp.setiap tekan selanjutnya. Tapi Malah kembali ke nama di ktp

    Balas
  3. Pas buka aplikasinya,ada tulisan “perangkat anda terindikasi dalam mode boot, aplikasi tidak dapat dijalankan”. Bagaimana solusinya

    Balas
    • masalah tersebut ada pada devicenya, saya pernah manjumpai tutorial mengatasi smartphone yang terdeteksi mode boot pada chanel youtube. Ada aplikasi lagi yang harus diinstal, jadi bukan pada aplikasi JKN-KIS nya.

      Balas
  4. Kenapa saat mau klik cek saldo sama kartu digital di aplikasi bpjstku selalu ulangi beberapa saat lagi. Padahal internet nya bagus. Buka youtube segala macam bisa pas cek itu ngak bisa
    Bagaimna solusi nya???

    Balas
  5. Saya sudah buka link dan download apk terbaru bpjstku stelah isi data untuk le sesi berikutnya selalu ada malasah server.. Padahal kouta cukup/ bahkan teatring wifi sangat bagus?? Apakah jika kita ke kantor bpjs akan dilayani secara ofline untuk membantu kesulitan daftar online seperti ini??

    Balas
  6. Gimana kak jika saat ingin cek status kepesertaan di aplikasi BPJSTKU error
    Error Exception null->java.lang.nullpointer>>>>> seperti itu

    Balas
  7. Pas login ko terjadi keselahan server,mau daftar ulang lagi engga bisa d klik tombol daftar ga bisa,gimna ya cara mengatasi nya mhon bantuannya?

    Balas
    • ada banyak faktor gangguan teknis untuk masalah tersebut, diantaranya faktor jaringan internet yang kurang maksimal, faktor smartphone (aplikasi tidak support) dan dari server aplikasi itu sendiri atau database anda tidak sesuai dengan data kependudukan. ada dua solusi yang saya tawarkan, pertama silahkan dicoba login via https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id gunakan akun BPJSTKU yang anda miliki, seharusnya bisa login kalau akun anda tidak bermasalah. Kedua, jika sudah terdaftar maka tidak bisa didaftarkan lagi, untuk bisa didaftarkan lagi anda harus reset akun via pusat bantuan operator, saya sarankan via 1500910 mintalah reset akun, prosesnya tidak sampai 10 menit, setelah riset akun silahkan anda daftarkan/registrasi kembali kepesertaan anda, saya sarankan via https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id

      Balas
  8. Bagaimana jika saat login ke bpjstk pas masuk ke kartu digital selalu tulisannya error terus gimana caranya agar saya bisa melihat status aktif atau tidaknya kalo itunya error

    Balas
  9. Saya sudah uninstall dan instal kembali spt yg disarankan.bisa kebuka tapi pas pendaftaran saat sampai memasukkan no kpj selalu keluar tulisan “terjadi kesalahan,mohon ulangi kembali”..spt itu trus.itu knp yach?

    Balas
  10. Ketika log-in di aplikasi bpjstku Dan di web bpjstku selalu error null kenapa ya?? Padahal email Dan passowrd sudah diganti masih bgitu terus tolong jawabanya again?

    Balas
    • Mengatasi masalah error di aplikasi BPJSTKU pastikan:

      1. Koneksi internet optimal
      2. Aplikasi selalu terupdate
      3. Coba lagi login disaat lengang, misalkan di pagi hari atau waktu waktu sepi lainnya untuk menghindari over capacity.

      Biasanya 3 poin diatas cukup relevan untuk mengatasi masalah tersebut jika gangguannya dari front end (HP anda) namun jika gangguannya dari server maka silahkan menunggu proses maintenance teknisi BPJS saja. Atau kalau eror di aplikasi coba login via : https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id

      Balas
    • Mengatasi masalah error di aplikasi BPJSTKU pastikan:

      1. Koneksi internet optimal
      2. Aplikasi selalu terupdate
      3. Coba lagi login disaat lengang, misalkan di pagi hari atau waktu waktu sepi lainnya untuk menghindari over capacity.

      Biasanya 3 poin diatas cukup relevan untuk mengatasi masalah tersebut jika gangguannya dari front end (HP anda) namun jika gangguannya dari server maka silahkan menunggu proses maintenance teknisi BPJS saja. Atau kalau eror di aplikasi coba login via : https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id

      Balas
  11. Saat mau buat akun baru pas mau masukin sandi ada pemberitahuan “saat ini layanan sedang tidak bisa digunakan, tunggu beberapa saat lagi” itu knapa ya?

    Balas
  12. saya sudah mau daftar tp sesi terakhir selalu ada gangguan seperti kata d bwah ini:
    “mohon maaf layanan sedang tidak bisa di gunakan ” mohon bantuannya agar sya bisa daftar di bpjstku ,terimakasih

    Balas
  13. Penyimpanan saya masih luas ram 6 GB internal 125 kuota oke Sinyal ok TPI kenapa klo saya daftar saya nulis nama terus kelahaman senajutnya nulis tgl lahir lalu kehalaman barikutnya nah kenapah balik lagi ke nama aplikasi eror aph gmna si kesel saya

    Balas
  14. Kenapa tombol profil “saya” dipojok kanan bawah pada aplikasi bpjstku tidak bisa ditekan? Apakah ada cara lain untuk menambahkan nomor kpj baru?

    Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.